Jumat, 29 November 2013

Javier Zanetti

JAVIER ZANETTI

Lahir di Buenos Aires, 10 Agustus 1973. Dia adalh pemain sepak bola yang bermain untuk klub Serie A Italia, Inter Milan.
Javier Zanetti bermain untuk Inter Milan sejak 1995 dan menjabat kapten sejak 29 agustus 1999 menggantikan Giusepe Bergomi.

Zanetti dikenal sebagai pemain serba bisa karena dapat bermain di banyak posisi, posisi asli zaneti sendiri ialah sebagai bek sayap kanan dan tengah.
Ia termasuk satu dari sedikit pemain yang telah bermain lebi dari 1000 pertandingan resmi seumur hidupnya. Terpilih oleh Pele sebagai 100 pemain terbaik dunia yang pernah ada.
Dalam pertandingan Internasional, ia merupakan pemegang rekor caps dengan 145 pertandingan bersama Timnas Argentina dan tampil dalam turnamen Olimpiade 1996 dan dua kali Piala Dunia 1998 dan 2002.
Di Argentina ia dipanggil dengan nama "pupi" dan memproleh julukan "El Tractor"( si traktor) dan di italia ia di juluki "Il Capitano"( si kapten ) yang merupakan kapten Inter Milan yang memenangkan berbagai gelar.

Zaneti dinobatkan sebagai duta SOS Children's Villages oleh FIFA untuk program di Argentina pada 2005, ia menerima penghargaan Ambrogino d'Oro dari pemerintah kota milan atas jiwa sosialnya. Zanetti juga adalah duta dunia untuk Olimpiade Khusus Penyandang Cacat.
Di Final Liga Champions 2010 pada 22 may 2010, zanetti memainkan pertandingan resminya yang ke 700 bersama Inter Milan, dan kemenangan pertandingan itu melengkapi trebel winer bersejarah bagi tim Sepak Bola asal Italia.
Pada 20 Oktober 2010, golnya ke gawang Tottenham menjadikan nya sebagai pemain tertua yang mencetak gol di liga Champions, sebelum dipatahkan oleh Filipho Inzaghi dan Ryan Giggs.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar