Rabu, 08 Oktober 2014

Fungsi dan Peranan Bahasa Indonesia

Assalamualaikum wr.wb

Fungsi dan Peranan Bahasa Indonesia.
Kita perlu tau apa fungsi dari Bahasa Indonesia.
Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi negara indonesia yang telah disahkan pada sumpah pemuda tahun 1928. 
Fungsi umum bahasa adalah sebagai alat komunikasi sosial, kita warga negara indonesia berkomunikasi menggunakan bahasa indonesia.
Sebagai warga negara yang baik, kita wajib menggunakan bahasa yang baik dan benar dalam berinteraksi atau berkomunikasi dengan orang lain.
Dalam peranannya bahasa Indonesia dalam penulisan atau dalam konteks ilmiah sangatlah penting. Dikarenakan dalam penulisan ilmiah membutuhkan penggunaan tata bahasa Indonesia yang baik. Penggunaan tata bahasa Indonesia dalam konteks ilmiah ialah penggunaan tata bahasa yang telah mengikuti aturan EYD ( Ejaan Yang Disempurnakan ).
Bahasa merupakan tanda yang jelas dari kepribadian manusia. Melalui bahasa yang digunakan manusia, maka dapat memahami karakter, keinginan, motif, latar belakang pendidikan, kehidupan sosial, pergaulan dan adat istiadat manusia.
Di era modern ini banyak orang yang sudah tidak memperdulikan berkomunikasi dengan menggunakan bahasa yang baik, padahal kalau kita terbiasa menggunakan tata bahasa yang baik kita akan terbiasa berbicara sopan dan orang pun akan melihat kita sebagai orang yang mempunyai sopan santun yang baik.
Contoh kasus : Saat kita sudah lulus kuliah kita akan mencari dan melamar pekerjaan, saat kita membuat lamaran pekerjaan kita harus mengunakan bahasa yang benar agar secara tidak langsung pimpinan perusahaan merasa dihormati saat membaca lamaran pekerjaan kita. Saat kita interview dengan pimpinan perusahaan kita wajib menggunakan tutur kata bahasa yang baik dan benar, karena pimpinan perusahaan benar-benar menilai betul setiap kata yang kita ucapkan saat interview berlangsung.

Sekian penjelasan Fungsi dan Peranan Bahasa Indonesia yang saya ketahui, semoga bermanfaat bagi para pembacanya. Terima kasih

Wassalamu’alaikum wr.wb



Tidak ada komentar:

Posting Komentar