Kamis, 14 Maret 2013

Manusia dan budaya

MANUSIA DAN BUDAYA

TEMA : KEBUDAYAAN BATIK DI INDONESIA


Indonesia kaya akan budaya, salah satunya adalah BATIK.
setiap tanggal 2 oktober dirayakan sebagai hari batik nasional yang juga bertepetan dengan penetapan batik sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan Non bendawi oleh UNESCO pada tahun 2009. Banyak masyarakat Indonesia yang merayakan hari batik dengan cara seperti menggunakan batik ataupun lomba membatik sebagai tanda cinta kepada budaya nasional tersebut.
Sekarang banyak masyarakat Indonesia yang mengembangkan berbagai macam motif batik, salah satu motif batik yang paling banyak masyarakat gunakan adalah batik yang bermotif klub sepak bola kesukaan masyarak di Indonesia.
Namun sekarang keberadaan batik nasional mulai terancam dengan kehadiran batik asing , batik asing yang dapat dijual dengan murah di pasaran sehingga dapat merugikan para pengrajin batik Indonesia.
Ancaman lainnya juga berasal dari pengusaha-pengusaha luar negri yang tidak ragu mengeluarkan banyak uang untuk mencontoh motif batik Inddonesia karena para pengrajin batik tanah air membutuhkan dana untuk mengembangkan usahanya.
Salah satu ancaman yang serius juga bersal dari negara tetangga yaitu Malaysia, Malaysia dengan terang-terangan ingin mengklaim batik dari Indonesia.

Ancaman budaya batik tersebut dikarenakan kurang perhatiaan pemerintah dan masyarakat terhadap budaya nasional.
generasi muda yang mulai melupakan akan pentingnya budaya nasional sebagai identitas bangsa.
Pemerintah dan masyarakat harus lebih memperhatikan dan melestarikan agar tidak dapat dicuri oleh negara lain.
Banyak cara untuk melestarikan budaya batik, salah satu caranya adalah dengan menanamkan rasa kepedulian dan rasa cinta terhadap hasil budaya kita sendiri.

Dalam hal ini kita sebagai masyaakat harus bisa menjaga, melestarikan, dan membudidayakan kebudayaan yang kita miliki.
Sehingga budaya kita dapat melestari di dunia dan bisa membawa bangga bangsa Indonesia di mata dunia.
Jadikan ancaman-ancaman yang datang sebagai hal positif agar kita dapat lebih peduli dan memperhatikan budaya kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar