Kamis, 02 Mei 2013

MANUSIA DAN KEADILAN

MANUSIA DAN KEADILAN


     Indonesia negara yang dikenal dengan keindahan alam, pulau-pulaunya, dan keramahan penduduknya. Tapi seperti yang banyak kita ketahui masih banyak ketidakadilan hukum dinegara ini. Dimana salah satu contoh kasus ini terjadi dikalangan pemerintah kita. Kalangan pemerintah kita yang notabene orang kalangan atas yang selalu mendapat perlakuan khusus dari oknum-oknum penegak hukum di negara ini. Salah satu contohnya adalah, kasus Nazarudin , beliau adalah salah satu tersangka kasus korupsi di negara ini, namun didalam ia menjalani proses hukumannya Nazarudin masih bisa berpergian ke luar negeri dan menghirup udara bebas dengan santai. Beda hal dengan nasib seorang nenek tua yang berbuat iseng memetik 3 buah kakao. Perbuatan nenek tua itu langsung dilaporkan dan dijatuhi hukuman penjara selama 1 bulan 15 hari karena telang dianggap melakukan perbuatan pencurian, yang membuat si nenek harus menjalani hidupnya dibalik dinginnya sel penjara.

   Dari contoh kasus tersebut, perbuatan mereka memang sama-sama melanggar hukum, tapi jika kita lihat kembali dari kasus tersebut kita pasti akan bertanya-tanya " Benarkah Keadilan Hukum Negara ini" ?. Inilah hukum negara kita sekarang, para oknum penegak hukum banyak yang menyalah gunakan kewenangannya sebagai penegak hukum. Yang berharta ialah yang menang.

   Para oknum penegak hukum sudah seharusnya kini untuk merubah pola pikir kearah yang baik dan menegakan hukum dengan baik, sehingga dapat bersikap adil kepada masyarakat tanpa harus membeda-bedakan harta, pangkat, dan martabat seseorang. Sebagaimana yang diajarkan Pancasila dalam sila ke lima yaitu " Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia ".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar