Kamis, 02 Mei 2013

MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB

MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB


   Tanggung jawab adalah salah satu sifat yang dimiliki manusia. Setiap perbuatan dan keputusan harus didasari dengan rasa tanggung jawab. Oleh karena itu kita harus berani bertanggung jawab dalam mengambil keputusan yang akan kita perbuat.

   Kita dilahirkan ke dunia oleh Tuhan YME melalui kedua orang tua kita, di didik dan dibesarkan sehingga menjadi manusia dewasa. Manusia memiliki tanggung jawab kepada Tuhan, kita wajib menggabdi dan wajib menjalankan perintahnya, yaitu shalat lima waktu. Yang nantinya akan kita pertanggung jawabkan di hadapanya. Sebagai manusia dewasa kita juga mempunyai tanggung jawab terhadap keluarga, keluarga yang mendidik dari lahir hingga kita menjadi dewasa. Kita wajib menjaga nama baiknya dengan tingkah laku baik terhadap masyarakat. Jadi nama baik keluarga kita dimasyarakat tetap terjaga. Selain itu kita juga mempunyai tanggung jawab terhadap pasangan kita. Pasangan yang kelak nanti akan kita pilih sebagai pendamping hidup kita, kita bertanggung jawab untuk membahagiakannya dan menjaga kesuciannya sampai kelak kita akan siap untuk menikahinya.

   Tanggung jawab terkadang memang berat dan sulit untuk dijalani. Apalagi buat kita yang masih muda terkadang terlalu begitu santai menjalani hidup dan lupa akan begitu banyak tanggung jawab yang akan kita beban nanti. Maka dari itu, rasa tanggung jawab wajib kita tanamkan pada diri kita sejak dini. Agar kelak kita menjadi manusia yang berguna bagi diri sendiri dan orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar